Indahnya Hari Yang Ditunggu Itu

Santri-santri SMP Putri saat  menanti jemputan orang tua. Jum'at 8 Sept '16
Santri-santri SMP Putri saat menanti jemputan orang tua. Jum’at 8 Sept ’16

Tak terasa sudah enam pekan santri baru kita berada di asrama pesantren. Meninggalkan keluarga dari negeri jauh disana. Pergi dari tanah kelahiran menuju padepokan di tengah kampung ini. Belajar dan mengaji di pesantren Bina Umat Yogyakarta.

Enam pekan berpisah dengan keluarga membuat rindu semakin membuncah saja. Kangen dengan ayah, bunda, adik dan kakak membuat air menitik dari mata. Hanya niatan serta azzam yang kuat yang akan membuat para santri istiqomah.

Hari ini, Jumat 9 September 2016 adalah waktunya perizinan bagi santri SMP putri. Perizinan yang dimaksud adalah izin keluar asrama dari jam 08.00 pagi sampai dengan 15.00 sore. Banyak santri putri SMP yang memanfaatkan waktu perizinan hari ini. Biasanya anak2 berbelanja kebutuhan ke pasar/toko dan juga jalan2. Pulang ke rumah juga memungkinkan bagi santri yang rumahnya dekat pondok. Perizinan keluar asrama menjadi sesuatu yang mewah dan itu sangat dinanti-nantikan oleh santri.

Apakah semua santri mendapatkan izin keluar ??
Ust Qibtiyah Mukti S.Sos.I selaku kepala asrama putri mengatakan, izin hanya diberikan kepada siswa yang telah mencapai target hafalan Qurannya. Kalau belum mencapai yaa tidak bakal mendapatkan izin. Targetnya setiap minggu santri menyetorkan satu lembar hafalan baru.
Untuk periode perizinan kali ini, santri harus sudah menghafalkan surat An-Naba dan An-Naziat #Kelas7SMP. Kalau belum setoran hafalan dua surat tadi yaa bakalan di pondok seharian. Mencuci baju atau istirahat saja di asrama.

Kalau periode perizinan santri lain kapan ??
Ust Widi Sumarahati S.Pd selaku bagian humas mengatakan bahwa, urutan perizinan santri adalah jumat pertama santri SMP putra, selanjutnya SMP putri, terus SMA putra, dan santri SMA putri pada jumat terakhir. Setelah SMA putri kemudian kembali rotasi ke SMP putra. Tanggalnya menyesuaikan tergantung urutannya. Kenapa demikian ? Karena tidak semua jumat bisa dipakai perizinan. Waktu ujian #imtikhan atau ada kegiatan pesantren bisa menggeser mundur jumat perizinan. @humas @BinaUmatPonpes

Tampak pada gambar santri2 SMP kelas 7B sedang menunggu jemputan orang tua.
Ibukku jam berapa datangnya ya ??

#Santri
#Izin
#Perizinan
#Jalan2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *