Bina Umat ikuti PIRN LIPI 2013

Delegasi PIRN 2013 ketika tiba di Bandara Adisucipto ; Luthfi Alaudin, Banna Rasyid, Ust Rossiyanti, Brenda Hayuning, Rosyidah

Pesantren Bina Umat mengirimkan santrinya di Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke-12 di Asrama Haji Boyolali. Even ini adalah program nasional LIPI untuk menumbuhkan kreatifitas remaja dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pesantren Bina Umat sendiri mengirimkan 4 siswa. “Pesantren bukan hanya meguatkan santri berbasis agama, tapi juga mahir melakukan riset di bidang teknologi. Dua hal itu tak dapat dipisahkan,” ujar guru pendamping SMP-SMA IT Bina Umat, Rossiyanti S.Pd.Si.

PIRN yang akan dilaksanakan 30 Juni-7 Juli ini diikuti sekitar 400 siswa dari SMP dan SMA seluruh Indonesia. Delegasi dari Pesantren Bina Umat terdiri dari empat siswa dan satu guru pendamping.

Even ini berupa pemberian materi metodologi penelitian dalam kelas di Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK), dan Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT), serta pelatihan penelitian di lapangan dan pembinaan untuk menulis karya ilmiah. (arif)